Beranda > Komputer > Membuat Film Pendek Menggunakan Movie Maker

Membuat Film Pendek Menggunakan Movie Maker

Tutorial ini saya buat untuk pemula, oleh karena itu saya berikan dasar – daras dari pembuatan Video dokumentasi, dimana proses pembuatan Credits (Tulisan – tulisan dalam slide), cara memasukan Foto dan Video atau cara penggabungannya dan dasar  – dasar lainnya. Movie maker merupakan aplikasi bawaan dari Sistem Operasi Windows, namun untuk windows 7 aplikasi ini tidak tersedia. Oleh karena itu jika anda menggunakan system operasi Windows XP atau Windows Vista aplikasi ini sudah tersedia dan jika anda menggunakan Windows 7 maka pertama – tama anda harus menanamkan atau Install terlebih dahulu di computer anda, Aplikasi Movie Maker bisa di download di sini :

Movie Maker

jika aplikasi Movie maker sudah terinstall di computer anda, maka proses pembuatan Video kita mulai sekarang!!

Pertama – tama siapkan Ide dan konsep Film yang akan kamu tuangkan kedalam Video ini. Kemudian siapkan bahannya seperti Video yang baru di rekam dari Handycam atau Foto dari Camera Digital atau Ponsel anda, dan jangan lupa siapkan soundtrack (lagu sebagai latar film) bisa pakai lagu – lagu kesukaan anda. Jika semuanya sudah siap. Hal pertama yang anda lakukan adalah membuka aplikasi Movie Makernya di :

Start Menu > All Programs > Windows Movie Maker

Ini adalah tampilah dari Movie maker, saya akan jelaskan menu – menu dasarnya seperti :

1. Capture Video

Import Video = berfungsi untuk mengimport atau memasukan File video kedalam project

Import Picture = berfungsi untuk mengimport atau memasukan file gambar kedalam project

Import Audio = berfungsi untuk mengimport atau memasukan file suara kedalam project

2. Edit Movie

Show Collection = berfungsi untuk menampilkan semua media yang kita importkan seperti Video, Foto dan lagu.

View Video Effect = berfungsi untuk menampilkan Effect – Effect Video yang sudah di sediakan oleh Movie Maker.

View Video Transitions = berfungsi untuk menampilkan Video transisi, video transisi adalah sebuah tampilan yang membatasi antara video satu dan video lainnya boleh dibilang semacam Effect juga.

Make Titles or Credits = berfungsi untuk membuat Judul atau tampilan berupa tulisan – tulisan yang nantinya tergabung dengan video yang kita buat.

Make an AutoMovie = berfungsi untuk membuat video secara otomatis, namun kadang denga fasilitas ini tidak sesuai dengan keinginan kita.

3. Finish Movie

Save to my computer = berfungsi untuk menyimpan Video hasil buatan anda kedalam bentuk file Video *.WMV atau kata lain proses ini adalah Compile (menyusun atau menggabungkan)

Send to DV Camera = berfungsi untuk menyimpan Video hasil buatan anda ke dalam DV namun ini sangat jarang di pakai karena kebanyakan orang menyimpannya langsung dalam bentuk File Video. Jadi rekomendasi dari saya adalah simpanlah video anda dengan Save to my computer

Dan sebenarnya masih banyak lagi fasilitas – fasilitas yang ada di movie maker, dan nanti akan saya jelaskan pada saat proses pembuatannya, oke jika anda sudah tau fungsi – fungsi yang saya jelaskan di atas maka anda sudah siap untuk memulai membuat sebuah Film pendek dari Movi maker.

Import Video pilihan anda dengan klik Import Video

Klik tombol Import, maka video akan masuk ke Collection

Biasanya Film – film yang biasa kita lihat pada awal – awal videonya terdapat Judul dan nama pemainnya dan segala macamnya, apa anda paham yang saya maksud? Baik jika tidak paham akan saya peragakan langsung.

Klik menu Make Title or Credits


Kali ini saya akan mengarahkan anda untuk memilih yang urutan pertama yaitu “Add title at the beginning of the movie”

Untuk Jenis Font, warna tulisan, warna layar, animasi, posisi text dan lainnya bisa di atur di change the title animation dan change the text font and color, karena penggunaan menu ini cukup gampang jadi saya rasa anda lakukan sendiri sesuai selera anda.

Jadi title ini semacam tulisan yang mengantar anda menuju ke suatu cerita, jadi dengan tulisan ini penonton dapat memperoleh infomrasi SIapa producer filmnya, siapa saja pemain – pemain filmnya dan lain – lainnya. Sudah ada gambaran? Oke sekarang klik Done, add title to movie

maka title akan masuk kedalam Story board

Jika ingin melihat tampilannya seperti apa, anda bisa milihatnya dengan mengklik tombol Play maka tulisannya akan tampil nyaris sama dengan awalan pada film – film yang sering anda tonton. Dan buat juga untuk teks – teks pembuka lainnya seperti nama pemain film, persembahan oleh, seponsor, dan lain – lain (biar serem aja)

Nah, sekarang kita mulai memasukan video kedalam story board, caranya adalah :

Drag video yang sudah masuk di Collection ke Storu board, sehingga video akan masuk kesana

Dan masukan juga video – video yang lainnya dengan cara yang sama seperti yang saya jelaskan di awal yaitu import dan drag ke story board.

Nah sekarang saya akan tunjukan cara untuk membuat transisi antara video satu dan video berikutnya, seperti yang saya jelaskan tadi untuk membuat transisi ada pada menu View Video Transitions


Dari sekian banyak jenis transisi anda bisa memilih sesuai dengan keinginan anda, dengan menDrag salah satu transisi ke kotak transisi. Dan mainkan dari video 1 sampai video 2 maka transisinya akan terlihat. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya dimana transisi adalah tampilan pembatas antara video satu dan video yang lainnya.

Nah, sekarang saya akan tunjukan cara membut subtitle atau tulisan disaat video sedang di putar, jadi seperti teks lagu atau teks terjemahan film atau video clip lagu yang sering anda lihat. Caranya adalah :

Buat baru atau Copy title yang sudah ada sebelumnya, misalkan saya akan copy title yang sudah ada sebelumnya dengan cara klik kanan pada titlenya kemudian pilih Copy

Kemudian pastekan ke sebelah video yang akan anda isikan titlenya.

Dan setelah di paste, sekarang silahkan anda edit atau koreksi teksnya dan tuliskan kata – kata yang tepat menurut moment yang anda miliki waktu itu, jika sudah silahkan klik Done

Setelah itu kita ubah mode story boardnya menjadi Time line caranya :

Klik Show timeline


Maka tampilannya akan berubah menjadi ini :

Pada Time line ini terlihat tempat masing – masing media di simpan, seperti Video, audio dari videonya, transisi, Audio/music, title overlay. Karena kita akan membuat gabungan antara video dan title, maka kita Drag title yang kita buat tadi ke Title Overlay.

Nah sekarang titlenya sudah tidak sebagai video lagi, melainnya sebagai Title Overlay, silahkan Play videonya untuk melihat hasilnya. Pasti anda akan bertanya, “Bagaimana cara untuk agar tulisannya tampil di bagian bawah Video?” caranya adalah mengganti animasinya,

Doble klik pada title tadi

Pilih Change the title animation

Maka macam – macam animasi akan tampil, kemudian pilih nama animasinya “Subtitle” dengan deskripsi “Subtitle at bottom (Overlay)”

Jika sudah, klik Done


Nah, sekarang saya akan kombinasikan antara Video dan Foto, caranya adalah dengan cara klik Import sama seperti import video namun yang anda pilih adalah Import Pictures

Jika gambarnya sudah masuk ke collection selanjutnya Drag ke story board.

Untuk mempercantik tampilan, silahkan sesuaikan dengan keinginan anda seperti menambahkan Title ataupun Transisi.

Naahh, sekarang kita akan menambahkan music pada video yang kita buat, caranya tidak berbeda jauh dengan cara menyisipkan foto yang seperti saya lakukan barusan

Klik import audio or music


Cari tempat file – file music anda berada, kemudian pilih lagu yang menurut anda paling cocok dengan moment ini, jika sudah klik Import.

Maka lagu atau music tersebut akan masuk ke Collection, setelah itu ubah mode Storyboard menjadi Time line, dengan mengklik view Timeline


Dan Atur posisi lagunya seperti yang anda inginkan, karena masih bisa di geser – geser dan di potong sesuai dengan keinginan anda.

Ngomong – ngomong maslah motong nih… saya akan jelaskan sedikit cara untuk memotong video di movie maker, caranya adalah :

Misalkan saya tidak begitu suka pada video di bagian ini (yang di tandai merah di atas) maka yang saya lakukan adalah pemotongan terhadap video yang saya tidak sukai tersebut dengan klik video yang akan anda potong.

Nah… jika Video yang anda gabungkan sudah tergabung dengan rapi dan sesui imajinasi anda, berarti sekarang adalah proses compile atau bagian paling akhir proses pembuatan Video ini dimana nantinya akan membentuk satu File video yang berformat *.wmv, sehingga nanti bisa di burn ke DVD atau CD atau anda hanya memutarnya di computer anda dengan mendia player computer yang tersedia.

Oke saya akan jelaskan Caranya, pilih menu Save to my computer


Maka akan muncul tampilan berikut, ketikan nama video sesuai keinginan anda, dan pilih tempat penyimpanan videonya, dengan klik tombol Browse…


JIka sudah, klik Next>

Maka akan muncul dialog dibawah ini, ini merupakan tempat pengaturan tingkat kualitas video yang ingin anda hasilkan, silahkan sesuaikan dengan keinginan anda.

Jika sudah klik Next>

Dan tunggu proses compile selesai

Oke dehh… semua proses – proses dasar sudah saya jelaskan, sekarang tinggal kreatifitas dari anda saja yang menentukan bagus atau tidaknya Film yang anda buat.

Dan silahkan nikmati Film yang anda buat, dengan hidangan makanan kecil dan minuman segar. Hehehe OKe dehh… karena filmnya sudah jadi, maka selesai sudah tugas saya menuntun anda (pemula) untuk memberikan langkah – langkah pembuatan video pada Movie Maker.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda, dan saya harap anda akan mengembangkan dan berkreasi sendiri sesuai dengan imajinasi anda.

Berikut adalah contoh hasil editing dari Movie Maker :

Contoh 1

 

Contoh 2

Salam

Adi garst

*jika anda ingin mengcopy tutorial ini mohon tetap mencantumkan link garstTV.

Kategori:Komputer
  1. Kam junkies
    April 18, 2011 pukul 2:48 pm

    Thx ya bro infonya bermanfaat bngd deh :love :love muach

    • April 19, 2011 pukul 4:43 am

      ia sama – sama…. mudah mudahan bermanfaat…

  2. wis182
    April 19, 2011 pukul 12:47 pm

    Sip!! mantav jay!!
    lanjutkan!!

  3. Oktober 4, 2011 pukul 8:13 am

    saya mau tanya dimovie maker khan hanya bsa membuka video yang berformat wmv apa hal itu bisa diubah, dignti menjadi 3gp atau mp4?

    • Desember 17, 2011 pukul 1:27 pm

      di MM bisa beberapa format kok termasuk wmv. bisa dilihat di properties format suport Movie Makernya gan…..

  4. Oktober 9, 2011 pukul 4:40 am

    wah mantap …mau tanya ne gan…

    gmn ya cranya take video pake handycam biar suara dialog’y kedengaran
    kyk pke klipon gto gan…

    • Desember 17, 2011 pukul 1:31 pm

      Mmm…. mungkin maksudnya begini ya gan, jadi klip video yg biar suaranya fokus seperti liputan2 berita atau dialog show dan sejenisnya…

      jadi itu memang di pisahkan antara suara dan videonya. video di ambil dari kamera recording dan suara diambil dari mic. dan setelah jadi barulah video tersebut digabung…. maka nanti suaranya akan fokus dan profesional layaknya liputan2 di TV….

  5. ongkers
    Oktober 14, 2011 pukul 8:12 pm

    wah,,bermanfaat bgd ni…
    thx yac gan …..

    • Agustus 27, 2012 pukul 2:16 pm

      Sama sama gan… senang bisa membantu…

  6. faris
    November 13, 2011 pukul 12:23 pm

    gan kasih contoh videonya dong ya udah diedit itu ane mau liat

    • Agustus 27, 2012 pukul 2:17 pm

      Oooo ia ya.. bener juga, 1 yang kurang, contoh video yg udah jadi :D

      oke sesuai permintaan udah ane tambahin tuh di atas gan 2 contoh video yg di editing dari movie maker….

  7. aisya
    Desember 10, 2011 pukul 4:11 am

    thanks banget brad . :)

    • Agustus 27, 2012 pukul 1:44 pm

      sama sama sob… :)

  8. herry wahyudi
    Desember 16, 2011 pukul 9:06 am

    eh q kok nge_save nya g’ bisa ya….
    apa emang perlu waktu lama gan….?
    masak udah 3 jam g kelar2. mana time remaining nya nyampe beratus ribu minutes lagi. gimana nih…?

    • Desember 17, 2011 pukul 1:33 pm

      Wah… saya juga sering mengalami hal yg sama seperti agan…. dan sepertinya itu memang salah satu Bug dari Movie Maker, tapi sepertinya agan pake Movie maker dan terinstall di Win Vista atau Win7. kalau Movie maker di Winxp. itu sangat stabil… dan perbandingan munculnya masalah yg agan rasain skrng ini 1 : 100

      krna Bug seperti di atas saya rasakan semenjak mulai pake win vista dan berlanjut ke win 7
      waktu pake Win xp dulu. movie makernya lancar2 aja…. hehehe

  9. samuel stenly
    Desember 26, 2011 pukul 5:49 pm

    makasih yah udah ngasih tau

    • Agustus 27, 2012 pukul 1:44 pm

      Sama sama… senang tutorial ini bisa bermanfaat

  10. fqriiiii
    Maret 1, 2012 pukul 12:08 pm

    mau nanya nih sama adminnya, kalo movie maker itu ada effect2 buat videonya ga? contohnya kayak efek lomo atau grey scale gitu?
    thanks :)

    • Mei 18, 2012 pukul 9:34 am

      Ada sob…. tapi terbatas sekali, cari di menu Effect… disana tersedia effect cukup beragam

  11. April 20, 2012 pukul 9:11 am

    eh itu format file (video) sebelum di import ke movie maker apaan ?

    • April 20, 2012 pukul 9:12 am

      3gp gk bisa

      • Agustus 27, 2012 pukul 1:43 pm

        3gp bisa gan.. silahkan di coba dulu… nanti jika ada kendala silahkan sharing kembali :)

  12. Athaya Andyka
    Mei 20, 2012 pukul 1:54 pm

    tapi, gimana cara menginstal programnya? ada cara yang gratis nggak?

    • Agustus 27, 2012 pukul 1:42 pm

      Untuk installasi sangat standar.. tinggal download aplikasinya (sudah saya jelaskan di awal) setelah berhasil di download tinggal di install dengan klik next –> next –> next dan finish :D kurang lebih seperti itu…

  13. Mei 20, 2012 pukul 6:54 pm

    wah makasih bgt nih buat adminnya udah jelasin detail bgt, bermanfaat bgt buat pemula :)

    • Agustus 27, 2012 pukul 1:40 pm

      Thanks gan testimoninya :) senang bisa bermanfaat…

  14. Nisa Salsabila
    Agustus 24, 2012 pukul 5:14 am

    emm.. ok sihh.. cuman aq bingung apa sih bedanya windows movie maker sama windows DVD maker?? soalnya di program komputer aq tuh gk da program wms.. Danya W.DVD Maker.. So gymna ya spaya program wms da di komputer aq? apa aq mesti download y?? :-` balas y.. trims :)

    • Agustus 24, 2012 pukul 6:33 am

      Begini Sist, sepertinya sist make win vista/win7 ya… untuk aplikasi Movie Maker memang tidak tersedia di win vista/win7…

      kalau DVD maker itu khusus untuk membuat dashboard/menu utama tampilan DVD jika dimainkan, jadi kalo sist pernah muter DVD kan ada menunya dulu tuh sebelum di play,,, nah itu dia fungsinya… jadi bukan editor.. kalau Movie Maker itu khusus editor video…

      tapi walaupun kita make win vista/win 7 Movie maker tetep bisa di install kok, link downloadnya sudah saya tulis di atas.. coba di download dan install di komputer km.. nanti Movie makernya jalan kok.

  15. Agustus 31, 2012 pukul 2:40 pm

    halo… saya mau nanya nih
    bagaimana ya caranya supaya video format .avi saya masukkan ke collection itu ada tampil gambarnya? saya sudah memasukkan video itu dan hanya ada tulisan .avi di video itu sehingga pada waktu dimainkan hanya ada suaranya dan tidak ada gambarnya. Kira-kira bagaimana ya solusinya?

    • Agustus 31, 2012 pukul 2:57 pm

      Jadi begini, hal ini merupakan bug (kesalahan aplikasi) dari Movie Maker, Aplikasi Movie maker memang hanya diperuntukan untuk digunakan di Windows XP, semenjak windows vista / Windows 7 di publikasikan, aplikasi movie maker dilangkan dari tools default windows vista/windows7.

      hal ini juga sering saya alami saat saya pindah dari windows xp ke windows vista/windows7… bukan hanya format *.avi saja yg bermasalah seperti ini tapi fomat video lainnya juga.

      Sehingga saran saya, jika ingin nyaman menggunakan Windows Movie Maker, gunakanlah Windows XP.

      • September 1, 2012 pukul 5:08 am

        nah saya sudah atur windows movie makernya “run this program compatibility mode of Windows XP Pack 3″. tapi tetap gak bisa? nah saya pake windows 7, cara mengubah ke windows XPnya bisa?

  16. September 1, 2012 pukul 1:22 pm

    baik, memang akan lebih amannya silahkan install windows XP di PC/Notebooknya,
    Note : Untuk installasi OS ada 2 cara, bisa dengan cara menumpuk OS artinya os yang lama tidak hilang/terhapus, atau dengan cara format data lama kemudian pasang OS yang ingin diinstall jika dalam kasus ini adalah windows XP. saran saya jika belum memahami konsep installasi silahkan cari referensi tentang installasi, namun jika sudah paham silahkan install windows xp di PC/Notebooknya. jika sudah silahkan buka di

    Start menu –> All Programs –> Accessories –> Movie Maker

  17. November 10, 2012 pukul 8:38 am

    Ngebantu bngt. trima kasih

    • November 10, 2012 pukul 3:10 pm

      Sama sama, Senang bisa membantu :)

  18. wayan sudra
    November 22, 2012 pukul 1:26 pm

    Terima kasih ats tulisan yg sangat bermanfaat ini skalipun saya blm pernah buat film pendek tapi penting buat kita yg pingin suatu saat mau buat dokumen vidio. Salam sukses buat sang pemilik blog. Bye…bye.

  19. Januari 3, 2013 pukul 4:17 pm

    ha ha ha ha boleh juga tuh main tepuk nyamuknya, gue cobaa aaaahhhh hahaha, sip thx ya, isi blog lu kren abis (y)

  20. Maret 4, 2013 pukul 5:47 am

    Terima Kasih Pak .. artikel yang sangat bermanfaat ..

  21. Juli 22, 2013 pukul 9:48 am

    Hello, after reading this awesome post i am as well happy to share my know-how here with mates.

    • Juli 30, 2013 pukul 6:21 am

      Thanks :) I Hope you enjoy…

  22. Juli 24, 2013 pukul 2:03 pm

    Terimakasih bro, sangat bermanfaat sekali . saya lagi ada tugas sekolah buat film tentang lingkungan nih, email mas bro apa ya? contact saya di @bima777@yahoo.co.id atau billy777.bk@gmail.com atau @Billy_liauw, mohon bantuannya mas, terimakasih (y)

    • Juli 30, 2013 pukul 6:21 am

      Sama sama :) senang jika artikelnya bermanfaat.
      sebenarnya menggunakan Movie maker ini sangat sangat cara yang sederhana. kalau mau hasil yang lebih bagus bisa pakai aplikasi seperti Adobe Premiere, SONY Vegas (ini biasanya dipake di perusahaan TV lokal), Ulead Video Studio dan aplikasi aplikasi sejenis. tapi jika memang kebutuhannya hanya untuk tugas atau video dokumenter sederhana, masih layak menggunakan Movie Maker.

      Oya, bisa hub. saya di Email/Gtalk : mail.putuadi@gmail.com namun saya lebih suka online di Facebook, silahkan PM atau tulis di Wall saya (https://www.facebook.com/Adigarst)

      Thanks

  23. September 7, 2013 pukul 7:54 am

    3gp gak bisa .. :(
    bisanya video ‘file’ apa nih mas ??

    • Maret 10, 2014 pukul 2:10 pm

      Untuk video format 3gp tidak bisa sob, untuk file yg di suport apa saja bisa dilihat dengan cara, klik Import video sehingga muncul ini : [img]http://garsttv.files.wordpress.com/2011/04/31.jpg[/img] lihat di file type.. nah yg di suport oleh movie maker adalah file yg ada pada daftar itu. Semoga membantu.

  24. yulia rescue
    November 7, 2013 pukul 3:43 am

    download movie maker di windows 8 bisa gag ya??

    thanks yaaa

    • Maret 10, 2014 pukul 2:12 pm

      Saya belum pernah coba untuk running di Win 8. tapi saya tidak rekomendasi lagi pake Movie maker di jaman sekarang. karena semakin berkembangnya teknologi mulai dari kualitas video yg kita olah, sistem operasi yg kita pakai, dan fitur2 yg kita inginkan. tentu Movie maker sudah tidak layak kita gunakan di saat sekarang. saya sarankan paling tidak pakai Corel Video Studio Pro…. cara makenya sih hampir sama kayak movie maker. cuman berbeda bentuk dan ada tambahan banyak fiturnya.

  25. boyz rifaldy
    Januari 7, 2014 pukul 12:43 am

    download app nya d mna gan..

  26. ayu
    Februari 15, 2014 pukul 9:25 am

    kenapa tiap aku ngedit di MM gambarnya hitam terus?

    • Maret 10, 2014 pukul 2:15 pm

      Saya pernah ngalami itu. dan itu disebabkan karena format video mentahnya tidak di suport oleh movie maker. tapi saya tidak begitu ingat… tapi kalau tidak salah, itu terjadi untuk format video MPEG1 dan MPEG2.. salah satu dari itu akan muncul gambar hitam. tapi suaranya ada. saya sarankan convert videonya terlebih dahulu menjadi format AVI baru import ke movie makernya

  27. Maret 8, 2014 pukul 11:14 am

    It is easy to start a weblog. You possibly can get starteed having a weblog in
    minutes.

  28. April 9, 2014 pukul 4:45 am

    tadi aku udah coba tapi kok di timeline nya jalan gk kluar foto, cuma audio nya aja, itu gmna ya? Makasih :)

    • April 9, 2014 pukul 1:18 pm

      Coba di ceritakan lebih detil sob, prosesnya sudah sampai di tahap apa sesuai tutorial di atas? tapi pengalaman saya, itu terjadi di video (bukan di foto).. terkadang video – video yang formatnya tidak di suport sama Movie Maker yang tidak tampak secara visual tapi ada suaranya, dan sebaliknya tidak ada suaranya dan malah ada visualnya. solusinya, video mentahnya di conversi ke format – format yang di suport oleh Movie Maker. Jika belum berhasil silahkan dikomentari lagi ya. nanti saya coba pandu.

  29. April 27, 2014 pukul 11:09 am

    Thank’s infonya ;) membantu banget buat ngerjian tugas :D

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: