Beranda > Wisata > Pantai Lovina

Pantai Lovina

Pantai lovina terkenal dengan julukan pantai Cinta dan dipantai ini juga terkenal dengan obyek wisata Ikan Lumba – lumbanya dan biasanya dilihat pada saat pagi – pagi buta sekitar jam 5 pagi. Pantai lovina terletak 9 KM sebelah barat kota singaraja yang memiliki cuaca yang cukup terik pada siang hari. Pantai lovina dilambangkan dengan patung lumba – lumba, mungkin karena di pantai ini terkenal adanya lumba – lumba kali ya.

Saya menginap di sebuah hotel yang sangat – sangat murah hanya Rp 50.000 per malam karena saya ber enam jadi cukup pesan 2 kamar saja karena satu kamar terdapat 2 tempat tidur. Tempatnya sih biasa alias tidak mewah tapi tujuan saya memang bukan berlama – lama di kamar hotel tadi berlama – lama di pantai lovina hhehehe kamar hotel hanya untuk tidur beberapa jam pada malam hari.

Saya mulai bergegas ke pantai lovina dengan berjalan kaki karena jarak antara hotel dengan pusat pantai lovina sangat dekat mungkin sekitar 200 Meter(-+). Namun anehnya saat kami masuk tidak ada tempat pembelian tiket masuk jadi untuk sementara kami belum bisa memberikan informasi tentang harga tiket masuk ke pantai lovina.

Sesampai di pantai kami menjumpai banyak restaurant dan pedagang makanan – makanan local seperti bakso, jagung bakar, lumpia dan lain – lain banyak pilihannya deh pokoknya. Namun berhubung kami sampai di lovina siang hari dan kebetulan belum makan siang yaudah kita putusin aja nyari makanan yang bikin kenyang. Setelah lumayan jauh berjalan di pinggir pantai ke arah selatan akhirnya kami menemukan penjual lumpia. Dari jauh udah tercium nikmatnya aroma lumpia (maklum makanan favorite) akhirnya kita borong deh tu lumpianya. Namun uniknya disini kita bisa ngambil sendiri mulai dari motong – motong lumpiannya nyiramin bumbu nikmatnya mengiris dan naburin potongan cabe ke lumpia hingga menyantapnya. Wah pokoknya bebas mau ngambil berapa, mau banyak atau dikit bumbunya, mau pedes apa gak pokoknya sesuai selera kita. Tapi abis makan jangan lupa bayar aja hehehehe. Nanti pas udah mau bayar pasti bapak penjualnya gini, “Tadi ambil apa aja?” kalau ditanya gitu harus jawab jujur ya! Hehehe… harga per batangan lumpia hanya dihargai Rp 1.500

Tapi salah satu teman saya gak doyan makan lumpia dia lebih milih makan nasi campur, harga nasi campur per porsi Rp. 7.000 ada ayamnya, Tempe bumbu goreng, Mie, sayur urap, telor dan sambel. Menurut temen saya nasinya enak banget bumbunya tejem jadi pengen nyoba tapi udah di Bom sama lumpia duluan hehehe…

Setelah makan kita langsung jalan – jalan lihat suasana lovina hingga sore hari. Wah disini rame juga rupanya bercampur antara turis mancanegara ama turis local. Setelah capek jalan – jalan mampir bentar ke penjual minuman dingin. Harganya sama dengan harga – harga pasaran diluar kawasan pariwisata. Jadi tidak usah kuatir.

Dan kami duduk tepat di bawah tugu patung lumba – lumba yang menjadi icon pantai lovina, namun sayangnya saat itu sedikit mendung jadinya gak ada Sunset dehh… dan hari sudah mulai gelap akhirnya kita putuskan untuk balik ke hotel. Sesampai di hotel mandi dan langsung nyari makan. Kebetulan tidak jauh dari hotel ada penjual sate kambing, wahh bau nikmatnya sate kambing udah tercium dari jauh hehehe bikin gak sabaran aja. Satu porsi sate kambing yaitu 1 piring Nasi putih, satu piring sate kambing dan 1 mangkok Gule kambing di hargai Rp. 21.000 dan minum 1 teh botol Rp 2.000

Setelah kenyang akhirnya kita putuskan untuk ke pantai lovina pengen ngeliat suasana malemnya kaya gimana, pas nyampenya di sana ternyata ada bapak – bapak yang menawarkan tiket untuk melihat lumba – lumba di pantai lovina dengan menggunakan perahu jukung atau semacam perahu nelayan. Tiket yang di tawarkan Rp. 65.000 per orang, namun saya belum Deal karena takut gak bisa bangun pagi karena momen ini bisa di lihat saat pagi hari dan perahu berangkat jam 5 pagi.

Pada malam hari pantai ini cukup ramai namun mata saya tidak bisa melihat dengan jelas orang – orang yang ada disini karena lampu yang terpasang hanya di pinggiran jalan pantai saja. Sambil menikmati minuman dingin gak terasa malam udah hampir larut, kita putuskan untuk balik ke hotel, namun baru mampir dulu ke Alfa Mart (mini market) beli makanan dan minuman dingin. Harganya standar kok.

Pagi hari bangun ehhh udah jam 7 lewat deh momen untuk ngeliat lumba – lumbanya… heheh akhirnya kita gak jadi ikut, tapi setelah cucimuka kita langung meluncur ke pantai lovina untuk mandi di pantai. Setelah jungkar jungkir mandi di pantai akhirnya perut mulai keroncongan, nah disana ada penjual pisang goring mmmmm aroma pisang goreng tercium dari jauh… yang unik dari pisang goreng ini adalah disajikan dengan menggunakan gula merah Wwoow rasanya nikmat banget, per pisang goreng dihargai Rp. 1.000 tapi jangan salah pisang gorengnya gede lohh jadi satu pisang itu di belah jadi dua tapi digoreng menjadi satu jadi pisang gorengnya lebar gitu gimana kebayang gak? Ehehehe ada juga yang beli mie goreng instan plus telor Rp. 5.000 kalu minuman dingin harganya standar.

Setelah puas keliling – keliling kami di hampiri ama pedagang Souvenir seperti gelang kalung dan macem – macem yang terbuat dari kerang dan benda – benda laut lainnya. Saya membeli kalung yang terbuat dari Batik (suatu jenis kerang yang berada di tengah laut lovina) warnanya Hijau tua dan Hijau muda, harga per kalungnya hanya Rp 15.000

Hari udah siang dan saya harus balik ke Denpasar, karena dari singaraja ke denpasar butuh waktu -+ 4 Jam perjalanan. Jadi saya harus pulang sekarang.

Semoga pengalaman saya dapat menjadi referensi buat anda.
Ini adalah foto – foto saat kami di Lovina :

Kategori:Wisata
  1. Vonnie
    Januari 1, 2012 pukul 11:36 am

Tanya donk, kalo dari ubud ke lovina jam 3 pagi, mungkin nga pakai kendaraan umum? 4 jam itu naik apa? Thanks