Beranda > Komputer > MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)

MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)

Apa itu mesin pencari

Search Engine atau yang biasa di sebut mesin pencari merupakan suatu halaman web yang di rancang untuk membantu proses pencarian halaman – halaman web lain yang mengandung kata atau criteria yang telah ditentukan oleh pengguna, kemudian hasil pencarian akan di tampilkan berupa link dan beberapa baris ringkasan yang di ambil dari isi halaman website dan mesin pencari akan membawa pengguna ke halaman Web terkait dengan mengklik salah satu link yang di tampilkan.

Sejarah

Mesin pencari pertama di dunia yang pernah ada adalah Wandex yang sekarang merupakan index yang tidak di fungsikan lagi dari Word Wide Web Wanderer, suatu web crawler di bangun oleh Matthew Gray di MIT pada tahun 1993. Sedangkan mesin pencari yang lama Aliweb juga muncul di tahun 1993 dan mesin – mesin pencari itu tetap berjalan hingga saat ini.

Salah satu mesin pencari yang bernama Lycos saat ini tetap berkembang menjadi usaha komersil yang cukup besar yang berawal di Carnegie Mellon University dimana sebagai proyek riset pada tahun 1994 dan setelah proyek itu sukses kemudian banyak mesin pencari yang bermunculan dan saling bersaing untuk merebukan populerioritas. Dan sampai saat ini mesin pencari yang masih populer khususnya di indonesia antara lain : google, yahoo dan Alavista.

Dan seperti yang di ketahuai mesin – mesin pencari saat ini sudah sangat canggih dan dilengkapi beberapa fitur diluar mesin pencari, seperti contoh Email, Berita, Chat, jejaring sosial dan lain – lain.

Cara Kerja mesin pencari

Mesin pencari akan melakukan proses penyimpanan informasi seberapa banyak halaman Web yang di querykan langsung dari WWW dari hasil itu maka akan diketahui daftar – daftar halaman kemudian dilakukan proses analisa yang bertujuan untuk menentukan Indexnya misalkan kata – kata diambil dari judul, sub judul atau Tag. Kemudian data yang telah terindex tadi akan di simpan di sebuah database yang bertujuan untuk memudahkan proses pencarian selanjutnya.

Cara untuk menentukan halaman mana yang akan tampil di  halaman depan atau posisi paling atas atau dalam artian hasil pencarian yang paling sesuai, metodenya sering kali berubah ubah seiring perkembangan dan pertumbuhan pengguna internet. Namun sebagian besar mesin pencari merupakan Usaha komersial yang didukung pemasangan iklan, oleh karena itu sebagian merupakan praktek komersial dimana memperbolehkan suatu halaman web di berikan peringkat paling tinggi saat prsoes pencarian namun dengan syarat melakukan pembayaran ke pihak perusahaan mesin pencari terkait. Selain itu juga di pengaruhi oleh Rate suatu halaman Web misalkan pengaruh dari banyak pengunjung dalam artian halaman web tersebut sangat banyak di akses oleh IP yang berbeda – beda.

Tips melakukan pencarian halaman Web di Mesin Pencari

Untuk mengoptimalkan proses pencarian ada beberapa tips sehingga pencarian akan lebih efesien dan tepat, berikut adalah beberapa option yang bisa gunakan :

1. File Type

Dengan Option ini kita bisa mencari dengan cepat tipe file yang kita ingin download di halaman – halaman web yang mengandung kata kunci yang kita masukan, misalkan kita akan mencari file – file yang bertipe file Dokumen MS Word maka kita cukup ketikan seperti ini : Filetype:doc maka hasil pencarian akan menampilkan semua halaman yang mengandung atau menyediakan file – file yang bertipe file *.Doc

2. Inurl

Dengan pilihan ini anda akan dapat mencari URL atau ID halaman suatu website. Dengan hanya dengan mengetikan Contoh : inurl:stikom maka mesin pencari akan menampilkan semua nama website yang mengandung kata stikom dengan demikan kita akan dengan mudah mencari sesuai yang kita inginkan.

3. Site

Berfungsi sebagai pilihan proses pencarian yang lebih spesifik misalkan kita ingin mencari kata W101 (kelas W101) di Website www.stikom-bali.ac.id dengan mengetikan : site:stikom-bali.ac.id “W101” maka mesin pencari akan menampilkan informasi tentang W101 di Website stikom-bali.ac.id

4. Intitle

Dengan pilihan ini kita dapat mencari suatu halaman web berdasarkan judul dari halamannya, misalkan kita ingin mencari halaman Web yang judulnya “Cara membuat blog” kita hanya mengetikan seperti ini : intitle:Cara membuat blog maka semua halaman website atau Blog yang berjudul “Cara membuat blog” akan di tampilkan.

5. Link

Dengan pilihan ini anda dapat mengetahuai Website mana saja yang memiliki Link ke website tertentu, sebagai contoh : link:garsttv.co.tv maka mesin pencari akan menmpilkan daftar halaman website yang memiliki Link ke website http://www.garsttv.co.tv .

Dari beberapa pilihan – pilihan di atas sebenarnya masing masingnya bisa di kombinasikan sesuai dengan kebutuhan seperti contoh misalkan kita ingin mencari file yang berekstensi *.rar di 4shared.com maka anda dapat mengetikan seperti ini inurl:rar|zip site:4shared.com dan silahkan kombinasikan dengan sesuai kebutuhan.

Salam

Adi Garst

*jika anda ingin mengcopy tutorial ini mohon tetap mencantumkan link garstTV.

Kategori:Komputer
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: