Beranda > Wisata > Festival Layang – layang di Sanur

Festival Layang – layang di Sanur

Lomba layang – layang merupakan Festifal Tahunan yang tidak pernah di lewatkan oleh Maniac layang – layang Bali. Ini diadakan setiap musim Angin kencang (blababla) yang dari dulunya memang sudah rutin dilakukan di Pantai Sanur yang terkenal akan anginnya yang cukup kencang. Di Daerah mertasari memang sudah disediakan tempat khusus untuk festival semacam ini. Menurut informasi yang saya dapatkan, Area tersebut dulunya merupakan Bibir pantai yang memang sengaja di timbun dengan pasir putih hingga menjadi Area lapangan yang sangat luas dan ini atas program dari Pemerintah Kota Denpasar guna melestarikan budaya layang – layang.

Pada hari itu (tanggal 7 Agustus 2011 ) merupakan hari minggu dimana rutinitas di kantor dan kampus libur, dan saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk bersantai dan mencari suasana baru untuk mencuci semua kejenuhan. YA!! Saya rasa Nonton Layang – layang adalah rekomendasi yang terbaik. Tepat pukul 15:02 saya berangkat dan tiba di pantai sanur pukul 15:36 saya sampai di Pantai Merta Sari – Sanur tempat dilangsungkannya Festival Layang – layang. Dan Woooww… dari kejauhan sudah Nampak ratusan layang – layang di udara. Dan ini adalah pertama kali saya menonton festival semacam ini. Dengan semangat saya bergerak dari parkiran ke bibir pantai atau Area lapangan tempat festival berlangsung. Dan saat itu saya melihat pemandangan yang belum saya lihat sebelumnya.

Bisa diibaratkan semacam balapan Nasscar. Artinya begini, 1 atau lebih layang – layang mewakili 1 Desa sehingga disana terbentuk sangat banyak Tim yang duduk berkelompok. Masing – masing Tim memiliki banyak Crew yang sudah memiliki tugas masing – masing dan merka sibuk untuk mempersiapkan Layangannya yang segera di naikan dan ada sebagian dari Tim Layangan yang mereka bawa sudah terakit (permanen/bukan bongkar pasang).

Dan terdengar Panitia sudah mengumumkan bahwa sebentar lagi akan di mulai untuk jenis layangan BeBe (ikan – ikanan) dan saya mulai mencari posisi berdiri yang nyaman dan jelas melihat layang – layang terbang di udara dan itu tidak sulit karena dimana saja kita berada (semasih didalam area Festival) semua akan terlihat dengan jelas. Dan Buuuuusssssshhhh….. begitu terdengar saat beberapa layang – layang Bebe dengan cepatnya naik ke udara Woow ini luar biasa mata saya belum terbiasa melihat layang – layang sebesar ini yang memiliki Ekor yang sangat panjaaaaaang dan lebar dalam hati berkata “Woow ini luar biasa”.

Kurang – lebih 30 Menit terdengar pengumuman dari panitia untuk menurunkan layang – layang itu artinya juri sudah selesai menilai masing – masing layangan. Dan untuk perlombaannya dibedakan menjadi beberapa jenis layang – layang. Tapi mohon maaf saya tidak mengetahui secara detil jenis – jenis apa saja yang di pertandingkan. Namun salah satunya adalah Bebe, Kreasi, dll

Sudah beberapa jenis layang – layang yang naik ke udara. Dan ini dia yang saya tunggu tunggu. Yang paling menarik menurut informasi yang saya dapatkan dari teman – teman kampus. Adalah jenis layang – layang kreasi. Jenis ini semua Tim bebes berkreasi untuk membuat layang – layang asalkan bisa terbang bebas di udara. Dan 17:53 panitia mengumumkan untuk bersiap – siap menaikan layangannya. Dan dengan pada hitungan ke tiga, semua layangan dari masing – masing Tim meluncur naik ke udara. Dan serentak semua terkagum dan tak bisa menahan tawa saking uniknya bentuk dan model masing – masing layang – layang yang ada. 3 jam sudah saya berdiri namun belum sedikitpun ada rasa capek dan haus. Mungkin karena angin kencang yang sejuk dan layang – layang yang sudah hipnotis dari mata hingga ke perut ya Ga kerasa dehh..

Terlihat di barat pantai sudah terlihat Sunset yang berwarna merah orange dan angin sudah mulai perlahan pelan tak lama langit pun mulai gelap. Panitia mengumumkan bahwa acara untuk hari ini di tutup. Yang dilanjutkan kembali pada hari sabtu dan hari minggu (minggu depan) terlihat penonton mulai bubar dan itu tanda bahwa festival hari ini sudah benar – benar di akhiri. Hari itu saya merasa sangat kagum melihat semua yang saya lihat. Dan akan berusaha menyempatkan waktu untuk hadir kembali minggu depan. Berharap melihat layang – layang yang lebih unik dari hari ini.

Ini Foto – foto yang sempat saya abadikan mudah – mudahan bermanfaat :

 

Salam

Adi Garst

*jika anda ingin mengcopy Artikel ini mohon tetap mencantumkan link garstTV.

Kategori:Wisata
  1. Agustus 16, 2011 pukul 12:40 am

    keren………………
    pertamax gan….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

